Keluarga Besar SMPN 196 Jakarta mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2012 dan HUT PGRI ke 67 Tahun 2012

Selasa, 15 September 2009

Membuat Marquee

Sebelumnya nggak pernah kepikiran untuk bikin tips seperti ini kalo saja Iman my little brother nggak minta bikinin tutorial marque. Sebenarnya saya ragu, bener nggak seorang yang pinter blog seperti Iman yang mempunyai template bagus minta saya bikinin tutorial marquee? Lagian bahasa html memang paling rawan untuk orang seusia saya, masih hijau lumut Tapi ya apa salahnya sih sekedar berbagi, yang jelas ini bukan tutorial lho, hanya sekedar tips memaksimalkan kemampuan, keindahan serta teks pada postingan atau pun sidebar blog Anda.
Apa itu Marquee?
Marquee adalah teks berjalan dalam bahasa html. Kalo kita lihat marquee menurut semantik sepertinya ga ada hubungan dengan teks berjalan, tapi kalo diperhatikan lagi… mmmmh memang ga ada hubungannya ^_^ (sepertinya). Tapi kalo kita mau perhatikan lebih dalem, Marquee mempunyai arti “Tenda Besar,” atau “tempat berteduh seperti atap dimuka pintu masuk sebuah gedung” Mmmmh… apa hubungannya dengan marquee sebagai teks berjalan…? Setidaknya menurut saya memang ada, melalui “tenda” tersebut orang lalu lalang berjalan.
Berikut ini contoh-contoh sebagian kecil penggunaan marquee pada teks. Sengaja marquee-marquee di bawah ini saya beri title mulai marquee 1.0 sampai 3.0.3, tidak ada keistimewaan dari penamaan tersebut, hanya untuk memudahkan saya dalam memberi penjelasan. Plus tambahan saya sertakan kode html yang diperlukan, Anda tinggal mengganti teks yang ada dalam kode tersebut “Teks Anda”.

Marquee 1.0
Marquee 1.0 ini merupakan marquee standar agar teks Anda bisa berjalan secara default (dari kanan ke kiri).
Tag Html
<marquee>Teks Anda</marquee>
Contoh :
Selamat datang di Blog SMPN 196 Jakarta

Marquee 1.0.1
Marquee 1.0.1 adalah pengembangan dari 1.0, keistimewaannya jika Anda arahkan mouse pada teks tersebut maka dia akan istirahat dan berhenti dari perjalanannya yang panjang.
Tag Html
<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()">Teks Anda</marquee>

Marquee 1.0.2
Marquee 1.0.2 jika Anda menggunakan teks Arabic yang dimulai dari kanan ke kiri, maka Anda membutuhkan Marque ini yang berjalan sebaliknya; dari kiri ke kanan, contoh dengan teks arabic:مرقو ادلح تيكس برجالان
Tag Html
<marquee direction="right">Teks Anda</marquee>

Marquee 2.0
Marquee 2.0 Marquee ini tidak memiliki kemampuan magic seperti David Coperfield marquee sebelumnya yang bisa menembus ruang, Marquee 2.0 ini kerjaannya bolak-balik dari ruang kotak yang kasat mata.
Tag Html
<marquee behavior="alternate">Teks Anda</marquee>

Marquee 2.0.1
Marque 2.0.1 Pengembangan dari marquee sebelumnya, dengan pancingan scrollamount dia menjadi sangat agresif
Tag Html
<marquee behavior="alternate" scrollamount="18">Teks Anda</marquee>

Marquee 2.0.2
Marquee 2.0.2 Masih pengembangan dari Marquee 2.0 dengan sentuhan on-mouse-over stop dan on-mouse-out start, seperti marquee 1.0.1 jika Anda arahkan mouse pada teks maka dia akan berhenti.
Tag Html
<marquee behavior="alternate" onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()">Teks Anda</marquee>

Marquee 3.0
Marquee 3.0 Dia adalah marquee climbing, marquee pendaki ini suka sekali ketinggian, sehingga kita lihat arah teksnya pun ke atas (up) :). Jika Anda memiliki teks yang banyak, maka marquee ini merupakan pilihan yg tepat dan sangat cocok sebagai teman pendamping hidup Anda.
Tag Html
<marquee direction="up">Teks Anda</marquee>

Marquee 3.0.1
Marquee 3.0.1 Pengembangan dari marquee sebelumnya yang tidak mempunyai batas ruang, marquee ini kita batasi ruang kasatnya sehingga memliki height 100 saja. Demikian dengan kemampuan scrollamountnya kita perlambat. Dan kita kasih on mouse stop/start juga.
Tag Html
<marquee direction="up" onmouseover="this.stop()" width="100%" scrollamount="2" onmouseout="this.start()" height="100">Teks Anda</marquee>

Marquee 3.0.2
Marquee 3.0.2 Masih pengembangan dari marquee sebelumnya, hanya saja teks berada di tengah ruang kasat.
Tag Html
<marquee direction="up" width="100%" scrollamount="2" height="100" align="center">Teks Anda</marquee>

Marquee 3.0.3
Marquee 3.0.3 Pengembangan juga dengan arah berlawanan dari marquee sebelumnya, marquee ini senang sekali berjalan menurun. Sehinggan teks yang kita lihat berjalan dari atas ke bawah. Kemampuan scrollamountnya tidak kita batasi sehingga terlihat agresif dengan ruang kasat yang kecil. Silahkan Anda perlambat sendiri.
Tag Html
<marquee direction="down" width="100%" height="100">Teks Anda</marquee>

Demikian tips sederhana ini, silahkan Anda coba….! Jika ingin menambahkan marquee yang lain silahkan tulis komentar. Keep Blogging ^_^

Sumber : Kang Rohman

0 komentar:

Posting Komentar