Keluarga Besar SMPN 196 Jakarta mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional 2012 dan HUT PGRI ke 67 Tahun 2012

Kamis, 17 September 2009

Gravatar

Saat saya jalan-jalan di blog (blogwalking) atau mengisi komentar di blog teman, sering sekali saya melihat banyak komentator yang belum memakai avatar (foto) unik di samping namanya. Banyak sekali yang masih berupa gambar kotak yang mirip batik warna-warni atau menjadi gambar monster jika Anda komentar di blog ini. Itu berarti Anda belum memiliki gravatar (global avatar). Sebenarnya ini fasilitas lama, namun pengunjung blog banyak yang belum tahu bagaimana membuat gravatar atau avatar yang unik untuk Anda sendiri.



Lihat gambar di atas, komentator yang belum mempunyai avatar khusus, avatarnya akan mirip batik (seperti yang pertama) atau gambar orang abu-abu (seperti yang kedua), atau gambar monster.
Nah, jika Anda ingin membuat avatar spesial (seperti yang ketiga atau keempat) caranya mudah kok. Tinggal klik di http://gravatar.com. Kemudian pilih sign-up atau klik di sini. Jika Anda sudah loogin di WordPress.com, tinggal klik menu Manage yang ada pada bagian atas halaman (atau klik di sini). Setelah Anda selesai mendaftarkan email, Anda akan melihat tampilan seperti ini:









1. Menambah Gravatar
Gambar di atas menunjukkan Anda belum mempunyai gravatar, selanjutnya klik di tulisan add a new one. Kemudian Anda akan disuruh memilih mau memakai avatar dari file di harddisk, Internet, atau memakai wordpress avatar. Silakan pilih yang mana, bagi yang belum punya bisa pilih avatar dari My computer's hard drive. Selanjutnya Anda tinggal browse file di harddisk Anda. Kemudian Anda akan diminta meng-crop dan menggeser-geser agar avatar Anda bagus.
Setelah itu Anda diminta memilih rating avatar Anda, apakah G, PG, R, atau X. Pilihlah G jika avatar Anda boleh dilihat semua umur, atau X jika benar-benar termasuk pornografi.

2. Menambah Email
Sekarang Anda bisa menambah email Anda agar memiliki gravatar khusus, dengan cara mengklik tulisan add a new one (atau klik di sini). Sebuah email konfirmasi akan dikirimkan, dan Anda tinggal mengklik link yang ada di dalam email tersebut. Jadi setiap email akan memiliki gravatar yang berbeda-beda.
Selesai , silakan Anda tes komentar di blog (boleh tes komentar di blog ini), lihat apakah gravatar Anda keren apa tidak?

0 komentar:

Posting Komentar